biolah

hariantulis

depo 25 bonus 25

depo 25 bonus 25

mndrmndr.com

bonusdeposit.net

https://www.greentourstanzania.com/wp-includes/customize/

https://temp1.novotest.biz/id/

depo 25 bonus 25

https://sumberjo-blitar.desa.id/images

https://sumberjo-blitar.desa.id/data

depo 25 bonus 25 to 5x

depo 25 bonus 25

https://www.greentourstanzania.com/wp-includes/js/product/

https://smpabbs.sch.id/gacor/100/

https://smpabbs.sch.id/gacor/bonus/

deposit 25 bonus 25

depo 25 bonus 25

bonus new member 100

https://ppdb.smk-kosgoro.sch.id/data/depo 25 bonus 25https://jesus.nouvellevie.com/wp-includes/images/Getoko.iddepo 25 bonus 25https://bonus-baru.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/link-daftar-slot-gacor.htmlhttps://bonus-baru.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/scatter-pink-paling-gacor.htmlhttps://worldlisteningproject.org/wp-includes/depo25bonus25/
Indikator Kelulusan – SDIT Luqman Al Hakim Sleman

Indikator Kelulusan


PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

SDIT Luqman Al Hakim Sleman (ELHAES) sebagai Lembaga Pengembangan Pendidikan Islam memiliki standar yang ditetapkan untuk mengawal ketercapaian target lulusannya sesuai parameter JSIT Indonesia sebagai induknya dengan sentuhan Pengembangan yang dilakukan oleh Yayasan dan unit sekolah. 7 Standar Kelulusan JSIT dikembangkan menjadi 8 Standar Kelulusan SDIT Luqman Al Hakim Sleman yang terrangkai ke dalam kalimat ALLSMART. Pada setiap standar akan diuraikan rincian indikator dan evaluasinya untuk mengukur capaian pada masing-masing standar. Semoga Allah SWT memudahkan segenap pihak yang berperan dan segala langkah perbaikan serta penyiapan generasi bangsa tercinta terlebih untuk ummat manusia sedunia.

Pandangan umum terhadap sekolah harus memiliki hasil ujian nasional dan ijazah yang membanggakan sehingga dapat dengan mudah memasuki jenjang berikutnya, memiliki segudang prestasi dalam lomba-lomba yang diikuti, memiliki beberapa bidang yang menjadi konsentrasi suatu sekolah unggulan. Anak didik diforsir untuk menggapai apa yang diobsesikan pihak sekolah maupun orang tua didik. Segala tindakan yang menuju pada ketercapaian akhir akan didukung penuh sampai kadang harus melakukan tindakan yang “merampas” masa bermain dan berbekal semestinya yang mendasari untuk menghadapi jaman mereka saat dewasa kelak. Fakta-fakta tersebut kadang menjadikan abai atau porsinya sedikit berkonsentrasi untuk ”memanusiakan” serta menjadikan anak didik menuju Hamba Allah yang prima dalam berbagai sisinya. Mereka kadang kala membuat jargon-jargon yang menjadikan melejit sisi-sisi yang menjadi keinginan pada umumnya, sehingga mengesampingkan aspek-aspek karakter yang harus dibangun semanjak kecil. Karakter menjadi kebutuhan pokok pengembangan Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan Sumber Daya Alam di masanya. Masalah prestasi tentu menjadi keharusan sekolah untuk meraihnya, namun pembekalan secara terukur dalam pembinaan karakter menjadi sesuatu yang lebih mendasar. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk pembiasaan karakter tersebut di sekolah, namun kenyataannya konsentrasi masih dominan tertuju pada selembar Ijazah maupun hasil selembar Ujian Nasional yang diselenggarakan, belum banyak yang meluluskan dengan goal “ijazah karakter” yang dibangun di sekolah tersebut. Mekanisme pengawasan dari stakeholder pendidikan juga masih sebatas administratif yang diperlukan untuk kenaikan pangkat, laporan umum, dan akreditasi yang masih bersemangat pada angka-angka capaian akademis serta mekanisasi pendidikan berstandar pelayanan minimal.

Sekolah lewat Visi-Misinya semestinya memandu operasionalisasi menuju ketercapaian indikator-indikator karakter dengan segala hasilnya, 18 karakter yang dikembangkan pemetintah mestinya setiap sekolah bisa mengeluarkan standar kelulusan bukan berdasarkan capaian akademik saja tapi harus membuat standar kelulusan dengan mengetengahkan capaian karakter yang diusung apakah keseluruhan 18 tersebut terwadahi atau dikurangi semampu sekolah dapat melakukannya misalnya dengan penyederhanaan menjadi 8 seperti Kurikulum 2013 revisi 2016 yang sekarang dipakai atau bahkan ditambah dengan pengayaan dan pembudayaan karakter yang dikembangkan sesuai daya dukung sekolah. Nilai ijazah hanya menjadi salah satu tolok ukur satu indikator dari beberapa standar yang ditetapkan sekolah. SDIT Luqman Al Hakim Sleman mengembangkan dengan 100 indikator kelulusan yang diurai dari 8 standar pokok berisi kompetensi dan karakter (18+) sebagai capaian setiap peserta didik dalam menyiapkan diri berperan di masanya menyambut Indonesia Emas. Jika sekolah hanya konsentrasi pada nilai UN atau ijazah atau prestasi saja berarti telah mengabaikan hal yang pokok untuk memberikan garansi karakter mereka terverifikasi saat di jenjang sekolahnya lulus. Kesimpulannya sekolah harus membuat lembar raport persemester, Ijazah karakter, ijazah pelajaran dan hasil UN/ASPD. Minimal 4 produk sekolah harus sampai pada orang tua, selain sertifikat dan penghargaan yang diperoleh siswa dalam berbagai laganya. Generasi kita pelanjut kehidupan ummat. ELHAES ALLSMART memberikan pelaporan ke Wali berupa : 1) Raport Hasil Belajar per semester, 2) Ijazah Pemerintah, 3) SKHUN, 4) Ijazah Tahfidz, 5) Ijazah Tahsin, 6) Ijazah Karakter, dan 7) Beberapa piagam penghargaan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

 

Novi Afriadi, S.H.I., M.Pd

Kepala Sekolah

ALLSMART

SKL SD ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM SLEMAN

Akidah Lurus
NO INDIKATOR EVALUASI
1. Memperbanyak bacaan kalimat tauhid Observasi
2. Menjauhkan diri dari perilaku syirik Observasi & Tugas
3. Menerapkan nilai-nilai rukun Iman Observasi
4. Bersyukur atas karunia Allah Observasi
5. Membiasakan Ta’awudz dari langkah-langkah setan Observasi
6. Berani memasuki tempat-tempat angker Observasi & Tugas
Lahirkan Akhlak Mulia
NO INDIKATOR EVALUASI
7. Berbakti pada orang tua dan guru Observasi & Tugas
8. Menjauhi perilaku tercela Observasi
9. Menyayangi yang lebih muda Observasi
10. Menghormati yang lebih tua Observasi
11. Menepati janji Observasi
12. Jujur perkataan dan perbuatan Observasi
13. Berani membela kebenaran Observasi
14. Amanah dan bertanggungjawab Observasi & Tugas
15. Peka terhadap interaksi Observasi
16. Sopan santun (unggah-ungguh) dalam bertindak Observasi
17. Menghargai orang berbicara Observasi
18. Menundukkan pandangan Observasi
19. Menyimpan rahasia Observasi
20. Menutup dosa orang lain Observasi
21. Berperan penting dalam keluarga Observasi & Tugas
22. Berperan dalam syi’ar Islam Observasi & Tugas
23. Menjaga kebersihan dan adab makan Obserbasi
Luas Wawasan Keilmuan
NO INDIKATOR EVALUASI
24. Mengedepankan adab sebelum ilmu Observasi
25. Baik dalam membaca dan menulis Observasi & Tugas
26. Nilai ujian tulis 80 (Baik) Hasil Ijazah
27. Menghafalkan 10 hadits Arba’in Ujian Hadits
28. Menghafalkan 10 hadits Riyadhush-Shalihin Ujian Hadits
29. Menghafal Asmaulhusna Ujian Lisan
30. Mengenal fase Islam di Makkah dan ciri-cirinya Ujian tulis
31. Mengenal 10 sahabat yang dijamin masuk surga Ujian Tulis
32. Mengetahui hukum bersuci Ujian Tulis & Praktek
33. Mengetahui hukum Shalat Ujian Tulis & Praktek
34. Mengetahui hukum Puasa Ujian Tulis & Praktek
35. Rajin membaca buku Observasi & Tugas
36. Memperluas wawasan dengan sarana-sarana baru Observasi & Tugas
37. Mengetahui propaganda zionisme terhadap Islam Ujian Tulis & Tugas
38. Mengetahui pemikiran antara haq dan batil Tugas
39. Mengetahui 4 pilar bernegara (Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) Tugas
40. Berani mengemukakan pendapat dengan 4 bahasa (Indonesia, Jawa, Arab, dan Inggris) Tugas
41. Menyerap berita yang valid dan akurat Tugas
Sungguh-sungguh Berkarya
NO INDIKATOR EVALUASI
42. Belajar dengan tekun Observasi & Tugas
43. Menjadi teladan dalam berkarya Observasi
44. Menguasai Informasi dan Teknologi (IT) Tugas
45. Menjauhi kebiasaan jajan tak sehat Observasi
46. Menjauhi tempat bermain yang haram dan ma’siyat Observasi
47. Bersegera melaksanakan tugas Observasi
48. Menjaga kesehatan badan Observasi
49. Membangun komitmen bersama dalam tugas Observasi
Menghafal dan Memahami Al Qur’an
NO INDIKATOR EVALUASI
50. Menghafal 5 Juz awal dan 5 Juz akhir Al Qur’an Ujian Tahfidz
51. Komitmen dengan adab tilawah Observasi
52. Menerapkan hukum-hukum tilawah Ujian Bacaan
53. Khusyu’ dalam membaca Al Qur’an Observasi
54. Membaca terjemah Al Qur’an juz 30 dan ayat pilihan Tugas
55. Memiliki sanad bacaan/Bersertifikat metode tertentu Ujian sanad
56. Menghatamkan Al Qur’an minimal 10 kali Observasi
Aktif Beribadah yang Benar
NO INDIKATOR EVALUASI
57. Terbiasa adzan / iqamah Observasi & Tugas
58. Menjaga kesucian badan Observasi
59. Menjaga wudhu Observasi
60. Menjaga shalat wajib 5 waktu Observasi
61. Bersemangat untuk berjama’ah di masjid Observasi
62. Ihsan dalam shalat wajib dan rawatib Ujian praktek
63. Terbiasa dzikir dan do’a setelah shalat Observasi
64. Qiyamullail minimal sekali sepekan Observasi
65. Melaksanakan shalat dhuha setiap hari Observasi
66. Gemar  berinfaq Observasi
67. Berpuasa fardhu Observasi
68. Berpuasa sunnat minimal sehari dalam sebulan Observasi
69. Niat melaksanakan haji dan umroh Tugas
70. Menunaikan zakat fitrah Tugas
71. Terbiasa beristighfar Tugas
72. Berniat pada setiap melakukan perbuatan Observasi
73. Menjauhi dosa besar Observasi
74. Merutinkan dzikir pagi hari dan sore Observasi
75. Terbiasa menutup aurat Observasi
76. Menepati janji pada Allah SWT Observasi & Tugas
77. Terbiasa menggosok gigi Observasi
Reflektor Kebaikan
NO INDIKATOR EVALUASI
78. Menjadi teladan dalam kebaikan Observasi & Tugas
79. Mendo’akan teman-temannya agar disayang Allah Observasi
80. Berdo’a untuk kesuksesan teman-temannya Observasi
81. Menyampaikan nasehat dengan bijaksana Observasi
82. Melarang perbuatan kemungkaran Observasi
83. Menebar senyum, salam dan sapa Observasi
84. Menahan anggota tubuh dari segala yang haram Observasi
85. Beri’tikaf pada bulan Ramadhan Observasi &Tugas
86. Memperhatikan penampilan diri yang baik Observasi
87. Rajin menabung Observasi
88. Berperan dalam keamanan umum Observasi
89. Menghasilkan karya tulis atau karya budaya (batik, wayang, dll) Portofolio Karya
Tampil Melestarikan Lingkungan
NO INDIKATOR EVALUASI
90. Terbiasa membuang sampah ditempatnya Observasi
91. Berperan dalam pelestarian ekosistem Observasi
92. Aktif merawat tanaman Observasi & Tugas
93. Berperan dalam penghijauan lingkungan Observasi
94. Giat bermasyarakat dalam kebhinekaan Observasi & Tugas
95. Menjaga fasilitas umum dan khusus Observasi & Tugas
96. Berkomitmen menerapkan 4 pilar bernegara (Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) Observasi & Tugas
97. Terdepan dalam giat ramah lingkungan Observasi & Tugas
98. Memiliki ketrampilan hidup Portopolio lifeskill
99. Menghasilkan karya tepat guna bersama-sama Portopolio karya
100. Menjadi kader go green Observasi

Berita

August 28, 2023

Membuat Jamu: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Kelas 5 SD Islam Terpadu Luqman Al Hakim 15 Agustus 2023 Pada […]

Selengkapnya

[P5] Berkreasi dengan Makna: Mencipta Kincir Angin Ramah Lingkungan di Pantai Parangtritis

August 28, 2023

22 Agustus 2023 Pantai Parangtritis bukan hanya sekadar destinasi liburan yang memesona, tetapi juga menjadi panggung bagi edukasi lingkungan yang […]

Selengkapnya

Berita Lainnya

Pengumuman

Hasil Observasi Penitipan Calon Peserta Didik Baru Gel II TA 2020/2021

November 6, 2019

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Segala puji bagi Allah SWT, semoga naungan, ridho dan ampunan-Nya senantiasa membersamai kita. Sholawat dan salam kepada Nabi […]

Selengkapnya

Hasil Observasi Penitipan Kursi calon Peserta Didik Baru 2020/2021

October 2, 2019

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Segala puji bagi Allah SWT, semoga naungan, ridho dan ampunan-Nya senantiasa membersamai kita. Sholawat dan salam kepada Nabi […]

Selengkapnya

Pengumuman Lainnya