Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
SDIT Luqman Al Hakim Sleman (ELHAES) sebagai Lembaga Pengembangan Pendidikan Islam memiliki standar yang ditetapkan untuk mengawal ketercapaian target lulusannya sesuai parameter JSIT Indonesia sebagai induknya dengan sentuhan Pengembangan yang dilakukan oleh Yayasan dan unit sekolah. 7 Standar Kelulusan JSIT dikembangkan menjadi 8 Standar Kelulusan SDIT Luqman Al Hakim Sleman yang terrangkai ke dalam kalimat ALLSMART. Pada setiap standar akan diuraikan rincian indikator dan evaluasinya untuk mengukur capaian pada masing-masing standar. Semoga Allah SWT memudahkan segenap pihak yang berperan dan segala langkah perbaikan serta penyiapan generasi bangsa tercinta terlebih untuk ummat manusia sedunia.
Pandangan umum terhadap sekolah harus memiliki hasil ujian nasional dan ijazah yang membanggakan sehingga dapat dengan mudah memasuki jenjang berikutnya, memiliki segudang prestasi dalam lomba-lomba yang diikuti, memiliki beberapa bidang yang menjadi konsentrasi suatu sekolah unggulan. Anak didik diforsir untuk menggapai apa yang diobsesikan pihak sekolah maupun orang tua didik. Segala tindakan yang menuju pada ketercapaian akhir akan didukung penuh sampai kadang harus melakukan tindakan yang “merampas” masa bermain dan berbekal semestinya yang mendasari untuk menghadapi jaman mereka saat dewasa kelak. Fakta-fakta tersebut kadang menjadikan abai atau porsinya sedikit berkonsentrasi untuk ”memanusiakan” serta menjadikan anak didik menuju Hamba Allah yang prima dalam berbagai sisinya. Mereka kadang kala membuat jargon-jargon yang menjadikan melejit sisi-sisi yang menjadi keinginan pada umumnya, sehingga mengesampingkan aspek-aspek karakter yang harus dibangun semanjak kecil. Karakter menjadi kebutuhan pokok pengembangan Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan Sumber Daya Alam di masanya. Masalah prestasi tentu menjadi keharusan sekolah untuk meraihnya, namun pembekalan secara terukur dalam pembinaan karakter menjadi sesuatu yang lebih mendasar. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk pembiasaan karakter tersebut di sekolah, namun kenyataannya konsentrasi masih dominan tertuju pada selembar Ijazah maupun hasil selembar Ujian Nasional yang diselenggarakan, belum banyak yang meluluskan dengan goal “ijazah karakter” yang dibangun di sekolah tersebut. Mekanisme pengawasan dari stakeholder pendidikan juga masih sebatas administratif yang diperlukan untuk kenaikan pangkat, laporan umum, dan akreditasi yang masih bersemangat pada angka-angka capaian akademis serta mekanisasi pendidikan berstandar pelayanan minimal.
Sekolah lewat Visi-Misinya semestinya memandu operasionalisasi menuju ketercapaian indikator-indikator karakter dengan segala hasilnya, 18 karakter yang dikembangkan pemetintah mestinya setiap sekolah bisa mengeluarkan standar kelulusan bukan berdasarkan capaian akademik saja tapi harus membuat standar kelulusan dengan mengetengahkan capaian karakter yang diusung apakah keseluruhan 18 tersebut terwadahi atau dikurangi semampu sekolah dapat melakukannya misalnya dengan penyederhanaan menjadi 8 seperti Kurikulum 2013 revisi 2016 yang sekarang dipakai atau bahkan ditambah dengan pengayaan dan pembudayaan karakter yang dikembangkan sesuai daya dukung sekolah. Nilai ijazah hanya menjadi salah satu tolok ukur satu indikator dari beberapa standar yang ditetapkan sekolah. SDIT Luqman Al Hakim Sleman mengembangkan dengan 100 indikator kelulusan yang diurai dari 8 standar pokok berisi kompetensi dan karakter (18+) sebagai capaian setiap peserta didik dalam menyiapkan diri berperan di masanya menyambut Indonesia Emas. Jika sekolah hanya konsentrasi pada nilai UN atau ijazah atau prestasi saja berarti telah mengabaikan hal yang pokok untuk memberikan garansi karakter mereka terverifikasi saat di jenjang sekolahnya lulus. Kesimpulannya sekolah harus membuat lembar raport persemester, Ijazah karakter, ijazah pelajaran dan hasil UN/ASPD. Minimal 4 produk sekolah harus sampai pada orang tua, selain sertifikat dan penghargaan yang diperoleh siswa dalam berbagai laganya. Generasi kita pelanjut kehidupan ummat. ELHAES ALLSMART memberikan pelaporan ke Wali berupa : 1) Raport Hasil Belajar per semester, 2) Ijazah Pemerintah, 3) SKHUN, 4) Ijazah Tahfidz, 5) Ijazah Tahsin, 6) Ijazah Karakter, dan 7) Beberapa piagam penghargaan.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Novi Afriadi, S.H.I., M.Pd
Kepala Sekolah
SKL SD ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM SLEMAN
Akidah Lurus | ||
NO | INDIKATOR | EVALUASI |
1. | Memperbanyak bacaan kalimat tauhid | Observasi |
2. | Menjauhkan diri dari perilaku syirik | Observasi & Tugas |
3. | Menerapkan nilai-nilai rukun Iman | Observasi |
4. | Bersyukur atas karunia Allah | Observasi |
5. | Membiasakan Ta’awudz dari langkah-langkah setan | Observasi |
6. | Berani memasuki tempat-tempat angker | Observasi & Tugas |
Lahirkan Akhlak Mulia | ||
NO | INDIKATOR | EVALUASI |
7. | Berbakti pada orang tua dan guru | Observasi & Tugas |
8. | Menjauhi perilaku tercela | Observasi |
9. | Menyayangi yang lebih muda | Observasi |
10. | Menghormati yang lebih tua | Observasi |
11. | Menepati janji | Observasi |
12. | Jujur perkataan dan perbuatan | Observasi |
13. | Berani membela kebenaran | Observasi |
14. | Amanah dan bertanggungjawab | Observasi & Tugas |
15. | Peka terhadap interaksi | Observasi |
16. | Sopan santun (unggah-ungguh) dalam bertindak | Observasi |
17. | Menghargai orang berbicara | Observasi |
18. | Menundukkan pandangan | Observasi |
19. | Menyimpan rahasia | Observasi |
20. | Menutup dosa orang lain | Observasi |
21. | Berperan penting dalam keluarga | Observasi & Tugas |
22. | Berperan dalam syi’ar Islam | Observasi & Tugas |
23. | Menjaga kebersihan dan adab makan | Obserbasi |
Luas Wawasan Keilmuan | ||
NO | INDIKATOR | EVALUASI |
24. | Mengedepankan adab sebelum ilmu | Observasi |
25. | Baik dalam membaca dan menulis | Observasi & Tugas |
26. | Nilai ujian tulis 80 (Baik) | Hasil Ijazah |
27. | Menghafalkan 10 hadits Arba’in | Ujian Hadits |
28. | Menghafalkan 10 hadits Riyadhush-Shalihin | Ujian Hadits |
29. | Menghafal Asmaulhusna | Ujian Lisan |
30. | Mengenal fase Islam di Makkah dan ciri-cirinya | Ujian tulis |
31. | Mengenal 10 sahabat yang dijamin masuk surga | Ujian Tulis |
32. | Mengetahui hukum bersuci | Ujian Tulis & Praktek |
33. | Mengetahui hukum Shalat | Ujian Tulis & Praktek |
34. | Mengetahui hukum Puasa | Ujian Tulis & Praktek |
35. | Rajin membaca buku | Observasi & Tugas |
36. | Memperluas wawasan dengan sarana-sarana baru | Observasi & Tugas |
37. | Mengetahui propaganda zionisme terhadap Islam | Ujian Tulis & Tugas |
38. | Mengetahui pemikiran antara haq dan batil | Tugas |
39. | Mengetahui 4 pilar bernegara (Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) | Tugas |
40. | Berani mengemukakan pendapat dengan 4 bahasa (Indonesia, Jawa, Arab, dan Inggris) | Tugas |
41. | Menyerap berita yang valid dan akurat | Tugas |
Sungguh-sungguh Berkarya | ||
NO | INDIKATOR | EVALUASI |
42. | Belajar dengan tekun | Observasi & Tugas |
43. | Menjadi teladan dalam berkarya | Observasi |
44. | Menguasai Informasi dan Teknologi (IT) | Tugas |
45. | Menjauhi kebiasaan jajan tak sehat | Observasi |
46. | Menjauhi tempat bermain yang haram dan ma’siyat | Observasi |
47. | Bersegera melaksanakan tugas | Observasi |
48. | Menjaga kesehatan badan | Observasi |
49. | Membangun komitmen bersama dalam tugas | Observasi |
Menghafal dan Memahami Al Qur’an | ||
NO | INDIKATOR | EVALUASI |
50. | Menghafal 5 Juz awal dan 5 Juz akhir Al Qur’an | Ujian Tahfidz |
51. | Komitmen dengan adab tilawah | Observasi |
52. | Menerapkan hukum-hukum tilawah | Ujian Bacaan |
53. | Khusyu’ dalam membaca Al Qur’an | Observasi |
54. | Membaca terjemah Al Qur’an juz 30 dan ayat pilihan | Tugas |
55. | Memiliki sanad bacaan/Bersertifikat metode tertentu | Ujian sanad |
56. | Menghatamkan Al Qur’an minimal 10 kali | Observasi |
Aktif Beribadah yang Benar | ||
NO | INDIKATOR | EVALUASI |
57. | Terbiasa adzan / iqamah | Observasi & Tugas |
58. | Menjaga kesucian badan | Observasi |
59. | Menjaga wudhu | Observasi |
60. | Menjaga shalat wajib 5 waktu | Observasi |
61. | Bersemangat untuk berjama’ah di masjid | Observasi |
62. | Ihsan dalam shalat wajib dan rawatib | Ujian praktek |
63. | Terbiasa dzikir dan do’a setelah shalat | Observasi |
64. | Qiyamullail minimal sekali sepekan | Observasi |
65. | Melaksanakan shalat dhuha setiap hari | Observasi |
66. | Gemar berinfaq | Observasi |
67. | Berpuasa fardhu | Observasi |
68. | Berpuasa sunnat minimal sehari dalam sebulan | Observasi |
69. | Niat melaksanakan haji dan umroh | Tugas |
70. | Menunaikan zakat fitrah | Tugas |
71. | Terbiasa beristighfar | Tugas |
72. | Berniat pada setiap melakukan perbuatan | Observasi |
73. | Menjauhi dosa besar | Observasi |
74. | Merutinkan dzikir pagi hari dan sore | Observasi |
75. | Terbiasa menutup aurat | Observasi |
76. | Menepati janji pada Allah SWT | Observasi & Tugas |
77. | Terbiasa menggosok gigi | Observasi |
Reflektor Kebaikan | ||
NO | INDIKATOR | EVALUASI |
78. | Menjadi teladan dalam kebaikan | Observasi & Tugas |
79. | Mendo’akan teman-temannya agar disayang Allah | Observasi |
80. | Berdo’a untuk kesuksesan teman-temannya | Observasi |
81. | Menyampaikan nasehat dengan bijaksana | Observasi |
82. | Melarang perbuatan kemungkaran | Observasi |
83. | Menebar senyum, salam dan sapa | Observasi |
84. | Menahan anggota tubuh dari segala yang haram | Observasi |
85. | Beri’tikaf pada bulan Ramadhan | Observasi &Tugas |
86. | Memperhatikan penampilan diri yang baik | Observasi |
87. | Rajin menabung | Observasi |
88. | Berperan dalam keamanan umum | Observasi |
89. | Menghasilkan karya tulis atau karya budaya (batik, wayang, dll) | Portofolio Karya |
Tampil Melestarikan Lingkungan | ||
NO | INDIKATOR | EVALUASI |
90. | Terbiasa membuang sampah ditempatnya | Observasi |
91. | Berperan dalam pelestarian ekosistem | Observasi |
92. | Aktif merawat tanaman | Observasi & Tugas |
93. | Berperan dalam penghijauan lingkungan | Observasi |
94. | Giat bermasyarakat dalam kebhinekaan | Observasi & Tugas |
95. | Menjaga fasilitas umum dan khusus | Observasi & Tugas |
96. | Berkomitmen menerapkan 4 pilar bernegara (Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) | Observasi & Tugas |
97. | Terdepan dalam giat ramah lingkungan | Observasi & Tugas |
98. | Memiliki ketrampilan hidup | Portopolio lifeskill |
99. | Menghasilkan karya tepat guna bersama-sama | Portopolio karya |
100. | Menjadi kader go green | Observasi |