PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

SDIT Luqman Al Hakim Sleman (ELHAES) sebagai Lembaga Pengembangan Pendidikan Islam memiliki standar yang ditetapkan untuk mengawal ketercapaian target lulusannya sesuai parameter JSIT Indonesia sebagai induknya dengan sentuhan Pengembangan yang dilakukan oleh Yayasan dan unit sekolah. 7 Standar Kelulusan JSIT dikembangkan menjadi 8 Standar Kelulusan SDIT Luqman Al Hakim Sleman yang terrangkai ke dalam kalimat ALLSMART. Pada setiap standar akan diuraikan rincian indikator dan evaluasinya untuk mengukur capaian pada masing-masing standar. Semoga Allah SWT memudahkan segenap pihak yang berperan dan segala langkah perbaikan serta penyiapan generasi bangsa tercinta terlebih untuk ummat manusia sedunia.

Pandangan umum terhadap sekolah harus memiliki hasil ujian nasional dan ijazah yang membanggakan sehingga dapat dengan mudah memasuki jenjang berikutnya, memiliki segudang prestasi dalam lomba-lomba yang diikuti, memiliki beberapa bidang yang menjadi konsentrasi suatu sekolah unggulan. Anak didik diforsir untuk menggapai apa yang diobsesikan pihak sekolah maupun orang tua didik. Segala tindakan yang menuju pada ketercapaian akhir akan didukung penuh sampai kadang harus melakukan tindakan yang “merampas” masa bermain dan berbekal semestinya yang mendasari untuk menghadapi jaman mereka saat dewasa kelak. Fakta-fakta tersebut kadang menjadikan abai atau porsinya sedikit berkonsentrasi untuk ”memanusiakan” serta menjadikan anak didik menuju Hamba Allah yang prima dalam berbagai sisinya. Mereka kadang kala membuat jargon-jargon yang menjadikan melejit sisi-sisi yang menjadi keinginan pada umumnya, sehingga mengesampingkan aspek-aspek karakter yang harus dibangun semanjak kecil. Karakter menjadi kebutuhan pokok pengembangan Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan Sumber Daya Alam di masanya. Masalah prestasi tentu menjadi keharusan sekolah untuk meraihnya, namun pembekalan secara terukur dalam pembinaan karakter menjadi sesuatu yang lebih mendasar. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk pembiasaan karakter tersebut di sekolah, namun kenyataannya konsentrasi masih dominan tertuju pada selembar Ijazah maupun hasil selembar Ujian Nasional yang diselenggarakan, belum banyak yang meluluskan dengan goal “ijazah karakter” yang dibangun di sekolah tersebut. Mekanisme pengawasan dari stakeholder pendidikan juga masih sebatas administratif yang diperlukan untuk kenaikan pangkat, laporan umum, dan akreditasi yang masih bersemangat pada angka-angka capaian akademis serta mekanisasi pendidikan berstandar pelayanan minimal.

Sekolah lewat Visi-Misinya semestinya memandu operasionalisasi menuju ketercapaian indikator-indikator karakter dengan segala hasilnya, 18 karakter yang dikembangkan pemetintah mestinya setiap sekolah bisa mengeluarkan standar kelulusan bukan berdasarkan capaian akademik saja tapi harus membuat standar kelulusan dengan mengetengahkan capaian karakter yang diusung apakah keseluruhan 18 tersebut terwadahi atau dikurangi semampu sekolah dapat melakukannya misalnya dengan penyederhanaan menjadi 8 seperti Kurikulum 2013 revisi 2016 yang sekarang dipakai atau bahkan ditambah dengan pengayaan dan pembudayaan karakter yang dikembangkan sesuai daya dukung sekolah. Nilai ijazah hanya menjadi salah satu tolok ukur satu indikator dari beberapa standar yang ditetapkan sekolah. SDIT Luqman Al Hakim Sleman mengembangkan dengan 100 indikator kelulusan yang diurai dari 8 standar pokok berisi kompetensi dan karakter (18+) sebagai capaian setiap peserta didik dalam menyiapkan diri berperan di masanya menyambut Indonesia Emas. Jika sekolah hanya konsentrasi pada nilai UN atau ijazah atau prestasi saja berarti telah mengabaikan hal yang pokok untuk memberikan garansi karakter mereka terverifikasi saat di jenjang sekolahnya lulus. Kesimpulannya sekolah harus membuat lembar raport persemester, Ijazah karakter, ijazah pelajaran dan hasil UN/ASPD. Minimal 4 produk sekolah harus sampai pada orang tua, selain sertifikat dan penghargaan yang diperoleh siswa dalam berbagai laganya. Generasi kita pelanjut kehidupan ummat. ELHAES ALLSMART memberikan pelaporan ke Wali berupa : 1) Raport Hasil Belajar per semester, 2) Ijazah Pemerintah, 3) SKHUN, 4) Ijazah Tahfidz, 5) Ijazah Tahsin, 6) Ijazah Karakter, dan 7) Beberapa piagam penghargaan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Novi Afriadi, S.H.I., M.Pd

Kepala Sekolah

 

SKL SD ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM SLEMAN

Akidah Lurus
NOINDIKATOREVALUASI
1.Memperbanyak bacaan kalimat tauhidObservasi
2.Menjauhkan diri dari perilaku syirikObservasi & Tugas
3.Menerapkan nilai-nilai rukun ImanObservasi
4.Bersyukur atas karunia AllahObservasi
5.Membiasakan Ta’awudz dari langkah-langkah setanObservasi
6.Berani memasuki tempat-tempat angkerObservasi & Tugas
   
Lahirkan Akhlak Mulia
NOINDIKATOREVALUASI
7.Berbakti pada orang tua dan guruObservasi & Tugas
8.Menjauhi perilaku tercelaObservasi
9.Menyayangi yang lebih mudaObservasi
10.Menghormati yang lebih tuaObservasi
11.Menepati janjiObservasi
12.Jujur perkataan dan perbuatanObservasi
13.Berani membela kebenaranObservasi
14.Amanah dan bertanggungjawabObservasi & Tugas
15.Peka terhadap interaksiObservasi
16.Sopan santun (unggah-ungguh) dalam bertindakObservasi
17.Menghargai orang berbicaraObservasi
18.Menundukkan pandanganObservasi
19.Menyimpan rahasiaObservasi
20.Menutup dosa orang lainObservasi
21.Berperan penting dalam keluargaObservasi & Tugas
22.Berperan dalam syi’ar IslamObservasi & Tugas
23.Menjaga kebersihan dan adab makanObserbasi
   
Luas Wawasan Keilmuan
NOINDIKATOREVALUASI
24.Mengedepankan adab sebelum ilmuObservasi
25.Baik dalam membaca dan menulisObservasi & Tugas
26.Nilai ujian tulis 80 (Baik)Hasil Ijazah
27.Menghafalkan 10 hadits Arba’inUjian Hadits
28.Menghafalkan 10 hadits Riyadhush-ShalihinUjian Hadits
29.Menghafal AsmaulhusnaUjian Lisan
30.Mengenal fase Islam di Makkah dan ciri-cirinyaUjian tulis
31.Mengenal 10 sahabat yang dijamin masuk surgaUjian Tulis
32.Mengetahui hukum bersuciUjian Tulis & Praktek
33.Mengetahui hukum ShalatUjian Tulis & Praktek
34.Mengetahui hukum PuasaUjian Tulis & Praktek
35.Rajin membaca bukuObservasi & Tugas
36.Memperluas wawasan dengan sarana-sarana baruObservasi & Tugas
37.Mengetahui propaganda zionisme terhadap IslamUjian Tulis & Tugas
38.Mengetahui pemikiran antara haq dan batilTugas
39.Mengetahui 4 pilar bernegara (Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika)Tugas
40.Berani mengemukakan pendapat dengan 4 bahasa (Indonesia, Jawa, Arab, dan Inggris)Tugas
41.Menyerap berita yang valid dan akuratTugas
   
Sungguh-sungguh Berkarya
NOINDIKATOREVALUASI
42.Belajar dengan tekunObservasi & Tugas
43.Menjadi teladan dalam berkaryaObservasi
44.Menguasai Informasi dan Teknologi (IT)Tugas
45.Menjauhi kebiasaan jajan tak sehatObservasi
46.Menjauhi tempat bermain yang haram dan ma’siyatObservasi
47.Bersegera melaksanakan tugasObservasi
48.Menjaga kesehatan badanObservasi
49.Membangun komitmen bersama dalam tugasObservasi
   
Menghafal dan Memahami Al Qur’an
NOINDIKATOREVALUASI
50.Menghafal 5 Juz awal dan 5 Juz akhir Al Qur’anUjian Tahfidz
51.Komitmen dengan adab tilawahObservasi
52.Menerapkan hukum-hukum tilawahUjian Bacaan
53.Khusyu’ dalam membaca Al Qur’anObservasi
54.Membaca terjemah Al Qur’an juz 30 dan ayat pilihanTugas
55.Memiliki sanad bacaan/Bersertifikat metode tertentuUjian sanad
56.Menghatamkan Al Qur’an minimal 10 kaliObservasi
   
Aktif Beribadah yang Benar
NOINDIKATOREVALUASI
57.Terbiasa adzan / iqamahObservasi & Tugas
58.Menjaga kesucian badanObservasi
59.Menjaga wudhuObservasi
60.Menjaga shalat wajib 5 waktuObservasi
61.Bersemangat untuk berjama’ah di masjidObservasi
62.Ihsan dalam shalat wajib dan rawatibUjian praktek
63.Terbiasa dzikir dan do’a setelah shalatObservasi
64.Qiyamullail minimal sekali sepekanObservasi
65.Melaksanakan shalat dhuha setiap hariObservasi
66.Gemar  berinfaqObservasi
67.Berpuasa fardhuObservasi
68.Berpuasa sunnat minimal sehari dalam sebulanObservasi
69.Niat melaksanakan haji dan umrohTugas
70.Menunaikan zakat fitrahTugas
71.Terbiasa beristighfarTugas
72.Berniat pada setiap melakukan perbuatanObservasi
73.Menjauhi dosa besarObservasi
74.Merutinkan dzikir pagi hari dan soreObservasi
75.Terbiasa menutup auratObservasi
76.Menepati janji pada Allah SWTObservasi & Tugas
77.Terbiasa menggosok gigiObservasi
   
Reflektor Kebaikan
NOINDIKATOREVALUASI
78.Menjadi teladan dalam kebaikanObservasi & Tugas
79.Mendo’akan teman-temannya agar disayang AllahObservasi
80.Berdo’a untuk kesuksesan teman-temannyaObservasi
81.Menyampaikan nasehat dengan bijaksanaObservasi
82.Melarang perbuatan kemungkaranObservasi
83.Menebar senyum, salam dan sapaObservasi
84.Menahan anggota tubuh dari segala yang haramObservasi
85.Beri’tikaf pada bulan RamadhanObservasi &Tugas
86.Memperhatikan penampilan diri yang baikObservasi
87.Rajin menabungObservasi
88.Berperan dalam keamanan umumObservasi
89.Menghasilkan karya tulis atau karya budaya (batik, wayang, dll)Portofolio Karya
   
Tampil Melestarikan Lingkungan
NOINDIKATOREVALUASI
90.Terbiasa membuang sampah ditempatnyaObservasi
91.Berperan dalam pelestarian ekosistemObservasi
92.Aktif merawat tanamanObservasi & Tugas
93.Berperan dalam penghijauan lingkunganObservasi
94.Giat bermasyarakat dalam kebhinekaanObservasi & Tugas
95.Menjaga fasilitas umum dan khususObservasi & Tugas
96.Berkomitmen menerapkan 4 pilar bernegara (Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika)Observasi & Tugas
97.Terdepan dalam giat ramah lingkunganObservasi & Tugas
98.Memiliki ketrampilan hidupPortopolio lifeskill
99.Menghasilkan karya tepat guna bersama-samaPortopolio karya
100.Menjadi kader go greenObservasi
Scroll to Top
Open chat
Admin eLHaeS
Assalamualikum, ada yang bisa kami bantu?