[P5] Berkreasi dengan Makna: Mencipta Kincir Angin Ramah Lingkungan di Pantai Parangtritis


22 Agustus 2023

Pantai Parangtritis bukan hanya sekadar destinasi liburan yang memesona, tetapi juga menjadi panggung bagi edukasi lingkungan yang bernilai. Pada tanggal 22 Agustus 2023, para peserta didik kelas 1 turut serta dalam sebuah kegiatan yang menginspirasi di Gardu Action, Pantai Parangtritis. Dalam suasana yang ceria, mereka merangkai kreativitas dengan pesan penting tentang pelestarian lingkungan.

Dalam upaya untuk mengajarkan konsep penting tentang daur ulang dan pengurangan sampah plastik, pelajar kelas 1 ini mengambil peran sebagai “kreator hijau” dengan menghias kincir angin yang terbuat dari botol plastik bekas. Proyek ini bukan hanya tentang menciptakan karya seni, tetapi juga tentang menginspirasi perubahan kecil yang dapat membawa dampak besar pada lingkungan.

Para siswa, meskipun masih duduk di bangku kelas 1, telah memahami betapa pentingnya menjaga bumi kita tetap bersih dan sehat. Melalui tangan mereka yang berkreasi, botol plastik bekas yang semula menjadi sampah plastik yang berpotensi merusak lingkungan, berubah menjadi objek yang indah dan bermakna.

Kunjungan ke Gardu Action di Pantai Parangtritis memberikan dimensi tambahan pada kegiatan ini. Para pelajar memiliki kesempatan untuk melihat konsep-konsep ramah lingkungan dalam tindakan nyata. Di tengah panorama pantai yang menakjubkan, mereka belajar bagaimana menjaga keindahan alam sekitar dan melibatkan diri dalam tindakan nyata untuk menjaga lingkungan tetap lestari.

Kegiatan ini bukan hanya tentang mengajarkan anak-anak tentang daur ulang, tetapi juga tentang membentuk kesadaran, tanggung jawab, dan empati terhadap alam sejak usia dini. Ini adalah contoh kecil dari bagaimana pendidikan dapat menjadi katalisator bagi perubahan positif di masyarakat. Setiap kincir angin yang mereka ciptakan tidak hanya menghiasi taman bermain mereka, tetapi juga menjadi simbol harapan untuk masa depan yang lebih baik bagi planet kita.

Dalam dunia yang terus berkembang, para pelajar kelas 1 ini telah menunjukkan bahwa setiap individu, tidak peduli seberapa kecilnya, dapat berkontribusi pada perubahan. Mereka telah membangun fondasi yang kokoh untuk generasi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Sebuah pelajaran yang tidak hanya berlangsung dalam kelas, tetapi juga dalam perjalanan mereka menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Berita

UPGRADING GURU: MEMBANGUN GENERASI SEHAT DAN SEJAHTERA, MENCEGAH TERJADINYA BULYYING DI SEKOLAH

September 15, 2023

SD IT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN Yogyakarta, 09 September 2023 – SD IT Luqman Al Hakim Sleman menyelenggarakan kegiatan pelatihan […]

Selengkapnya

[Outbound] Kelas 4: Mengintip Keseruan Susur Sungai Krasak di Turi

September 7, 2023

Pada suatu hari yang cerah, siswa-siswa kelas 4 dari SD Islam Terpadu Luqman Al Hakim Sleman mengalami petualangan seru yang […]

Selengkapnya

Berita Lainnya

Pengumuman

📢PPDB 2024/2025 tahap 1

September 20, 2023

Sekolahnya Para Penghafal QuranSD ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM SLEMAN Assalamu’alaikum Ayah dan Bunda😊 PPDB 2024/2025 telah dibuka, Ayah dan […]

Selengkapnya

Hasil Observasi Penitipan Calon Peserta Didik Baru Gel II TA 2020/2021

November 6, 2019

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Segala puji bagi Allah SWT, semoga naungan, ridho dan ampunan-Nya senantiasa membersamai kita. Sholawat dan salam kepada Nabi […]

Selengkapnya

Pengumuman Lainnya